Jumat, 14 Maret 2014

Pembelajaran Berbasis WEB

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Internet merupakan jaringan longgar dari ribuan jaringan komputer yang menjangkau jutaan orang diseluruh dunia. Misi awalnya yaitu menyediakan sarana bagi para peneliti untuk mengakses data dari sejumlah sumber daya perangkat keras komputer, yang mahal. Namun, sekarang internet telah berkembang menjadi ajang komunikasi yang sangat cepat dan efektif sehingga telah menyimpang jauh dari misi awalnya. Dewasa ini internet telah bertumbuh menjadi sedemikian besar dan berdayanya sebaga alat informasi dan komunikasi yang tak dapat diabaikan. Dengan adanya kemajuan zaman dan berkembangnya teknologi informasi, komunikasi dan informasi membuat berbagai hal- hal canggih dapat dilakukan oleh manusia secara instan dan mudah. Seperti halnya adanya handphone yang menjadikan manusia dapat berkomunikasi dengan jarak jauh. Begitu juga dalam bidang pendidikan, bidang ini tidak kalah ketinggalan ikut serta memafaatkan kecanggihan teknologi. Seperti adanya pembelajaran jarak jauh, namun tetap saja hal ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Seperti halnya penggunaan media web dalam pembelajaran.

1.2  Perumusan Masalah
Agar tidak terjadi kesimpang siuran dalam penyusunan makalah ini, maka kami merumuskan masalah sebagai berikut :
1.     Apa itu pembelajaran berbasis web ?
2.     Apa kelebihan dan kelemahan pembelajaran berbasis web ?
3.     Bagaimana prosedur pemanfaatan web dalam pembelajaran di jurusan teknologi pendidikan UPI ?
4.     Bagaimana prosedur teknik pembuatan web?
5.     Bagaimana pembuatan dan publikasi halaman ?
6.     Bagaimana langkah pengelolaan komentar ?
1.3  Tujuan dan Manfaat
1.3.1   Tujuan Pembuatan makalah ini yaitu :
1.     Menjelaskan tentang pembelajaran berbasis web.
2.     Menjelaskan tentang kelebihan dan kelemahan pembelajaran berbasis web.
3.     Menjelaskan tentang prosedur pemanfaatan web dalam pembelajaran di jurusan teknologi pendidikan UPI.
4.     Menjelaskan tentang prosedur teknik pembuatan web.
5.     Menjelaskan tentang pembuatan dan publikasi halaman.
6.     Menjelaskan tentang langkah pengelolaan komentar.
1.3.2      Manfaat pembuatan makalah ini yaitu :
1.     Memberikan informasi tentang pembelajaran berbasis web.
2.  Memberikan informasi tentang kelebihan dan kelemahan pembelajaran berbasis web.
3.     Memberika informasi tentang prosedur pemanfaatan web dalam pembelajaran di jurusan teknologi pendidikan UPI.
4.     Memberika informasi tentang prosedur teknik pembuatan web.
5.     Memberika informasi tentang pembuatan dan publikasi halaman.
6.     Memberika informasi tentang langkah pengelolaan komentar.
1.4  Metode Penulisan
Metode yang digunakan penulis dalam penyusunan makalah ini adalah menggunakan metode kepustakaan yaitu memberikan gambaran tentang materi-materi yang berhubungan dengan permasalahan melalui literatur buku dan jurnal yang tersedia di media masa atau internet.


BAB II
PEMBAHASAN
2.1   Pengertian Pembelajaran Berbasis Web
Pembelajaran berbasis web merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan media (Website) yang bisa diakses melalui jaringan internet. Pembelajaran berbasis web atau yang dikenal dengan nama “web-based learning” merupakan salah satu jenis penerapan dari pembelajaran elektronik (e-Learning).
Dalam salah satu publikasinya di situs web about-elearning.com, Himpunan Msyarakat Amerika untuk Kegiatan Pelatihan dan Pengembangan ( The American Society For Training and Development /ASTD) ( 2009), mengemukakan definisi e-Learning sebagai berikut :
“E-Learning is a broad set of applications and processes which include web based-learning, computer-based learning, virtual and digital classrooms. Much of this is delivered via the internet, intranets, audio and videotape, satellite briadcast, interactive TV, and CD-Rom. The definition of e-Learning varies dependng on the organization and how it is used but basically it is involves electronic means of communication, education, and training. “( The American Society For Training and Development/ASTD: 2009).
Definisi tersebut menyatakan bahwa e- learning merupakan proses dan kegiatan penerapan pembelajaran berbasis web ( web based learning), pembelajaran berbasisi komputer ( computer based learning) , kelas virtual (Virtual classroom) dan/ atau kelas digital ( digital Classroom).

2.2  Manfaat/ Keunggulan dan Kelemahan Pembelajaran Berbasis Web
Manfaat/ keunggulan Utama Pembelajaran Berbasis Web :
1.   Access id available anytime, anywhere, around the globe ( Akses terseidia kapanpun, di manapun, di seluruh dunia)
Internet telah menjadi sebuah sarana komunikasi 2 arah yang sangat banyak digunakan. Kini seorang peserta didik memiliki akses yang sangat besar terhadadap informasi apapun termasuk informasi pembelajaran secara online.
2.   Per-student equipment costs are affordable ( Biaya operasional setiap siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran menjadi lebih terjangkau)
         Bila dibandingkan dengan kegiatan pembelajaran secara konvensional, kegiatan pembelajaran berbasis web menegluarkan biaya operasional yang lebih terjangkau bagi perserta didiknya. Salah satu penyebabnya yaitu biaya koneksi internet yang semakin murah.
3.   Student tracking is made easy  (pengawasan  terhadap perkembangan siswa menjadi lebih mudah)
         Melalui pembelajaran bebasis web, segala aktifitas pembelajaran siswa akan dicatat dalam sebuah database yang tersimpan di server. Administrator, guru, orang tua murid, dan murid itu sendiri dapat melihat data- data akademik seperti program pembelajaran yang telah diikuti murid, tugas-tugas yang harus dikerjakannya, nilainya pada mata peajarn tertentu, nilainya secara akumulatif, catatan kegiatan diskusinya serta data-data lainnya.
4.   Possible “learning object” architecture Support on demand, personalized learning ( Rancangan pembelajaran berbasis web memungkinkan dilakukannya kegiatan pembelajaran yang sudah terpersonalisasi)
         Dengan pembelajaran berbasis web, secara virtual tidak ada batasan untuk materi pembelajaran. Hal ini memungkinkan materi pembelajaran visa dipersonalisasi sesuai kebutuhan kegiatan pembelajaran. Misalnya, untuk menerangkan materi tentang orbit planet- planet di tata surya, guru tidak hanya memberikan materi melalui tulisan saja,  namun dapat menyisipkan media-media pemelajaran seperti animasi atau peta interaktif, sehingga pembelajaran menjadi lebih menrik dan variatif.
5.   Contentiseasily update ( Materi pembelajaran dapat diperbaharui secara lebih mudah)
Pola ini mungkin merupakan poin keuntungan terbesar yang didapat dari sebuah pembelajaran berbasis web. Dalam pembelajaran berbasis web, materi-materi ajar dapat dengan mudah direvisi oleh guru dengan hanya memodifikasi database di dalam server. Bahkan dengan perenanaan khusu, mater ajar yang sebelumnya pun tetap bisa ditampilkan ( contohnya pada sistem ‘wiki’ dalam situs web ensiklopedia ‘wikipedia’). Hal ini memberikan keuntunagn besar kepada siswa karena menjamin bahwa mereka akan selalu mendapat ilmu pengetahuan termutakhir dan bisa mengamati perkembangan ilmu pengetahuan. Hal ini pun memberikan keuntungan kepada guru karena mereka bisa dengan mudah memperbaharui, menambah atau merevisi materi ajarnya setiap saat.
Lima manfaat utama dari pembelajaran berbasis web tersebut hanya akan muncul bila pembelajaran berbasis web telah didesign, direncanakan dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Manfaat- manfaat tersebut tidak akan muncul apabila, misalnya internet hanya digunakan sebagai media untuk menyimpan bahan-bahan ajar saja tanpa memperhitungkan aspek inetraktifitasnya.
Kelemahan Pembelajaran Berbasis Web
Satu kelemahan terbesar dari pembelajaran berbasis web yaitu amat kurangnya interaksi langsung antara guru dengan siswa, dan antara siswa dengan siswa. Hal ini berdampak besar bagi siswa, karena mereka hanya dapat berkomunikasi secara synchronuos melalui live chat atau asynchronuos melaui e-mail/forum diskusi, tetap saja interaksi antara manusia secara langsung tidak dapat tergantikan.

2.3           Prosedur Pemanfaatan Web Dalam Pembelajaran di Jurusan Teknologi Pendidikan UPI
Weblog perkuliahan inovasi pendidikan ini masih aktif sampai sekarang dan dapat diakses oleh browser Mozila Firefox, Inernet Eksplore, atau browser lainnya melalui alamat http://inovasipendidikan.wordpress.com.
Blog sejatinya merupakan aplikasi untuk menjadi jurnal pribadi tentunya tidak secra langsung dapat dipergunakan untuk pembelajaran, maka lakuakn beberapa langkah penyesuaian pada tampilan agar dapat mendukung kegiatan pembalajaran. Isi sebuah blog tidak hanya bisa diatur dengan mudah, namun juga memungkinkan diberi komentar-komentar dari pengunjung. Penyesuaian dilakukan pada penataan slidebar dan halaman (page). Berikut adalah susunan halaman blog setelah dilakukan penyesuaian :
1.   Halaman Awal : merupakan halaman yang pertama kali dikunjungi mahasiswa saat mengakses blog ini.
2.   Halaman Perkuliahan : merupakan halaman yang berisi materi perkuliahan yang harus dipelajari mahasiswa. Dihalaman ini mahasiswa akan menemukan judul materi perkuliahan, ringkasan materi, dll. Mahasiswa dapat meilih materi perkuliahan dan kemudian memberikan komentar  dan mengisi daftar hadir mereka.
3.   Halaman Data Absensi : mahasiswa yang telah mengisi komentar, namanya akan tercantum di halaman ini. Setiap nama mahasiswa, terhubung dengan jejaring sosial mereka(misalnya facebook), sehingga setelah diklik maka pengunjung dapat melihat profil mahasiswa yang bersangkutan.
4.   Halaman Silabus Perkuliahan: berisi silabus dan informasi enegnai mata kuliah inovasi pendidikan. Mahasiswa harus membaca halaman ini sebelum memulai perkuliahan, agar mereka mengetahui hal apa saja yang akan dipelajari dalam perkuliahan ini.
5.   Halaman Sambutan dosen : berisi kata sambutan dosen pengampu mata kuliah inovasi pendidikan tentang perkuliahan online.
6.   Halaman Buku Tamu : merupakan halaman bebas yang dapat diisi oleh siapa saja untuk bertukar dan berbagi informasi, mhasiswa juga dapat mengajukan pertanyaan umum kepada dosen atau menagjukan pertanyaan seputar masalah teknis kepada pengelola blog.
         Penyesuaian juga dilakukan pada slidebar. Slidebar adalah bagian yang berada disamping situs web dan biasanya berisi tentang informasipendukung mengenai situs web tersebut. Penataan slidebar yang digunakan pada blog perkuliahan inovasi pendidikan yaitu :
1.   Kotak Pencarian : disediakan agar mahasiswa mudah mencari informasi perkuliahan dengan kata kunci yang spesifik.
2.   Pengumuman : berisi informasi mengenai perkuliahan, misalnya materi terbaru, tanggal pengumpulan tugas, keterangan tambahan mengenai perkuliahan, jadwal tatap muka, dll.
3.   Kalender : kalender ini menunjukkan tangal-tanggal penerbitan materi perkuliahan.
4.   Chatting : halaman ini berada diluar situs web, dan dapat digunakan mahasiswa untuk mengobrol bebas.
5.   Materi perkuliahan : menujukkan daftar materi perkuliahan yang telah dipublikasikan.
6.   Tugas Perkulahan : menunjukkan daftar tugas yang diberikan oleh dosen untuk dikerjakan mahasiswa. Tugas yang dituliskan biasaya  berupa tugas individu yang harus dkupulkan saat tatap muka.
7.   Pengabsen Terbaru: menunjukkan 10 nama mahasiswa terbaru yang mengisi komentar perkuliahan.
8.   Jumlah Kunjungan : menunjukkan jumlah kunjungan yang telah dilakukan ke blog ini.
9.   Blogroll: menunjukkan daftar situs web lain yang berhubungan dengan perkuliahan inovasi pendidikan.
2.4       Prosedur Teknik Pembuatan Web
2.4.1   Pengenalan Wordpress
Wordpress merupakan sebuah layanan blogging gratis yang disediakan oleh perusahaan Automattic sejak tahun 2002. Layanan ini dikenal sebagai mesin publikasi terbaik karena berbagai keunggulan yang dimilikinya.
a.   Melakukan Pendaftaran ke Layanan Wordpress
untuk melakukan pendaftaran ke layanan Wordpress arahkan browser internet anda ke http://www.wprdpress.com dan klik-lah pada tombol “Sign Up Now”.
Klik pada tombol Next untuk mengisi from selanjutnya.

Pada kolom ‘Blog Domain’, ketiklah alamat yang Anda inginkan.  Pada kolom ‘Blog Title’, isikan dengan judul dari blog Anda. Pada kolom ‘Language’ Anda bisa memilih bahasa pengantarnya yang digunakan untuk halaman pengaturan blog Anda.
Terakhir, berikan ceklis pada kolom ‘Privaci’, supaya blog Anda bisa muncul dalam hasil pencarian di mesin pencari seperti Google atau Yahoo! Sehingga orang-orang akan lebih mudah menemukan blog anda.
Bila semua kolom telah terisi, klik pada tombol Signup.

Setelah itu, klik pada tombol save Profile, kemudian bukalah e-mail Anda untuk melakukan aktivasi account. Cari e-mail dari Wordpress pada inbox anda, dan klik pada link aktivasi yang terdapat pada e-mail tersebut.

Setelah link akitvasi diklik, anda akan diarahkan menuju halaman yang menyatakan bahwa account Wprdpress Anda telah aktif.

b.     Melakukan Login ke Account Wordpress
Supaya bisa membuat publikasi tulisan serta mengelola seluruh aspek dalam blog, maka Anda harus melakukan login ke dalam account Wordpress yang telah Anda buat sebelumnya. Untuk melakukan login, arahkan browser ke alamat http://www.wordpress.com, kemudian mengisikan username dan password dalam form login yang tersedia.

2.4.2   Pengenalan Dashboard

Halaman Dashboard merupakan halaman tempat Anda mengatur segala hal yang berkaitan dengan blog Anda, mulai dari mengatur tampilan, mempublikasikan tulisan, membaca komentar pengunjung, hingga melihat statistik blog Anda.
Keterangan menu pada dashboard :
a.   Menu Dashboard
Dari menu ini, Anda dapat menemukan informasi-informasi yang terkait dengan blog Anda, seperti statistik kunjungan atau komentaryang pernah Anda buat di blog lain.
b.   Menu Post
Menu ini merupakan menu dimana Anda bisa menulis dan mempublikasikan tulisan. Penjelasan lengkap mengenai cara penggunaan menu ini, termasuk editor di dalamnya.
c.   Menu Media

Menu ini merupakan menu yag dipergunakan untuk mengelola semua file media yang pernah Anda upload untuk mengisi tulisan/ halaman Anda.
d.   Menu Link
Menu ini berfungsi untuk mengatur daftar link dari dari blog lain. Blog lain tersebut bisa merupakan blog teman kita, atau situs web yang sering kita kunjungi. Daftar link yang dimasukkan melalui menu ini, bisa ditampiilkan pada sidebar melalui menu Appreance.
e.   Menu Pages
Menu ini sama halnya seperti menu posts. Bedanya , tulisan yang dibuat pada menu ini akan terpublikasi menjadi halaman, bukan tulisan pada halaman utama blog.


f.    Menu Comments
Menu Comments berfungsi untuk mengelola komentar-komentaryang diterima oleh tulisan Anda.
g.   Menu Appreance
Menu ini merupakan menu yang berfungsi untuk mengatur tamplan blog Anda.
h.    Menu Setting
Menu ini berfungsi untuk mengatur hal-hal yang berkaitan dengan fungsi-fungsi yang dimiliki oleh blog.

2.4.3   Pengaturan Awal Pada Blog
a.   Mengisi Data Pribadi dan Mengirim Gravatar
Hal yang pertama dilakukan yaitu mengganti nama kontak dan Gravatar Anda. Nama digunakan saat Anda mengirimkan komentar pada suatu tulisan di blog dalam jaringan Wordpress.
Sedangkan Gravatar merupakan virtualisasi diri Anda di jaringan Wordpress, yang akan muncul disamping nama kontak, saat Anda mengirim komentar.

Untuk mengubah nama kontak, klik username Anda yang berada dibagian atas dashboard.

Setelah itu, Anda akan masuk ke halaman ‘profile’. Pada bagian ‘Name’, isi kolomnya sesuai dengan nama pribadi anda serta nama kontak yang diinginkan. Pada kolom ‘Display Name Publicly As’, pilih nama yang ingin digunakan sebagai kontak yang nantinya akan dignakan sebagai nama Anda saat bersosialisasi di jejaring blog Wordpress.


Setelah itu, isi juga kolom jalur kontak Anda. Pada kolom website, isikan dengan alamat blog Anda, agar saat pengguna lain mengklik nama Anda, ia akan langsung diarahkan ke blog Anda.

Setelah semua data diisi, anda dapat mengirim gambar yang akan digunakan sebagai Gravatar. Klik hyperlink ‘Change your Gravatar’ yang terletak di bagian atas halaman ‘profile’.
Akan muncul window baru yang menjelaskan tentang apa itu Gravatar, pilih ‘Upload a new image from your computer’. Lalu Anda akan dinyatakan tentang lokasi dari gambar yang ingin digunakan sebagai Gravatar. Masukan gambar dengan mengklik ‘ Browse...’. Bila sudah, klik ‘ Next’ dan lakukan cropping pada gambar yang Anda kirimkan untuk memilih bagian yang akan dipakai sebagai Gravatar.

Bila dirasa telah selesai, klik tombol ‘Crop and Finish’. Selanjutnya Anda akan memilih rating dari gravatar Anda, pilih rating ‘G’ supaya Gravatar Anda bisa ditampilkan di blog manapun. Dengan demikian, nama kontak dan Gravatar Anda telah siap digunakan.
b.   Mengubah Judul dan Sub Judul Blog
Keduanya merupakan identitas yang menunjukkan isi dari blog Anda. Selain terampil di setiap halaman, judul blog juga akan terampil pada title bar dari browser yang dipakai untuk mengunjungi blog.

Untuk mengubahnya, klik pada menu setting dan pilih general.

Maka akan muncul halaman ‘ General setting’. Pada kolom ‘Blog Title’ isikan dengan judul yang ingin Anda pakai untuk blog Anda. Kolom tagline bisa Anda isi dengan satu kalimat yang menggambarkan keseluruhan isi blog Anda.

Bila kedua kolom tersebut telah diisi, gulung layar ke bawah dan klik pada tombol ‘Save Change’. Sekarang judul dan sub-judul blog Anda telah berubah. Klik tombol ‘Visit Site’ yang berada di bagian atas halaman untuk mengunjungi blog Anda dan melihat perubahannya.
c.   Mengubah Jumlah Tulisan yang Tampil pada Halaman Blog
Secara deflaut, ada sepuluh tulisan yang akan ditampilkan di halaman utama blog jika pengunjung ingin membaca tulisan-tulisan sebelumnya , ia bisa mengklik link untuk menuju ke halamn tulisan selanjutnya, yang selalu terdapat di bagian bawah blog. Untuk itu, klik ‘Reading pada menu”setting” ‘. Kemudian pada kolom ‘Blog pages show at most’, isikan dengan jumlah tulisan yang ingin terampil pada setiap halaman blog.

Kemudian kliklah ‘ Save Changes’ dan halaman utama blog Anda hanya akan menampilkan tulisan sebanyak angka yang Anda masukkan pada kolom tadi.
2.4.4       Pengaturan Tampilan Blog
Penamilan juga merupakan hal penting dalam sebuah blog, selain konten atau isi dari blog tersebut. Wordpress menyediakan fitur kustomisasi tampilan yang cukuplengkap. Dilayanan ini, Anda bisa mengganti tema, mengatur slidebar dan mengubah gambar header, sehngga tampilan blog yang Anda miliki bisa benar-benar disesuaikan dengan selera Anda.
a.   Mengganti Tema
Tema merupakan sentral tampilan blog, mengganti tema juga mengganti tampilan layout, mengganti susunan warna, mengganti hearder dan mengganti unsur-unsur tampilan lainnya. Untuk mengganti tema blog Anda, klik menu “Appearance” dan pilih menu “Themes”. Anda akan dibawa manuju ke halaman pemilihan tema.

Saat ini, Wordpress sudah menyediakan puluhan tema menarik yang siap pakai. Guna kesamaan dalam penggunaan tutorial ini, dapat menggunakan tema ‘freshy’.

Aktifkan tema tersebut dengn mengklik pada gambar priviewnya. Tunggu beberapa saat, akan muncul sebuah window baru yang menunjukkan bagaimana tampilan blog setelah tema tersebut diaktifkan. Lalu klik pada pilihan ‘ Activate “freshy” ‘yang terdapat dibagian atas priview window.akan muncul notifikasi yang menyatakan bahwa tema yang baru, telah diaktifkan. Klik pada hyperlink ‘visit site’ untuk melihat bagaimana jadinya tampilan blog Anda saat ini.

b.   Mengganti Hearder
Tema ‘freshy’ merupakan salah satu tema yang memiliki fitur kontomisasi hearder. Maka Anda bisa mengganti gambar yanng akan selalumuncul pada bagian atas blog.
Untuk melakukannya, kliklha pada pilihan ‘ Custom Hearder ‘ pada menu ‘Appearances’ Anda akan dibawa ke halaman dimana Anda bisa mengupload gambar yang Anda miliki untuk digunakan sebagai hearder. Perlu dicatat juga bahwasetiap tema memiliki persyaratan khusus untuk ukuran hearder yang bisa dikirim. Tema freshy ini, mempersyratkan ukuran 780 x 95 pixel. Maka dari itu, Spastikanlah bahwa gambar yang akan Anda kirimkan memiliki ukuran yang sudah tepat. Anda bisa menggunakan program seperti GNU Image manipulator (GIMP) atau adobe Photoshop untuk membuat atau mengubh ukurn gambar hearder Anda.
Pada bagian ‘Upload a New mage’ klik ‘ Browse...’ dan pilihlah gambaryang inngin Anda kirimkan. Kemudian klik upload, dan ntunggu beberapa saat hingga gambarberhasil terkirim. Anda akan mendapat notifikasi bahwa kini gambar heardertelah berubah.klik pada hyperlink ‘ Visit Site’ untuk melihat perubahan yang telah terjadi pada blog Anda.

c.   Mengkustomisasi Sidebar
Sidebar merupakan bagian di samping blog Anda yang fungsinya adalah menyediakan informasi-informasi tambahan seputar blog, atau tentang diri Anda. Pada sidebar ini, Anda bisa ‘memasang’ banyak hal, seperti daftar tulisan terbaru di blog Anda, informasi/foto diri Anda, kotak pencarian, update dari twitter, bahkan hingga tampilan profil facebook Anda secara mini. Setiap item pada sidebar, disebut dengan istilah ‘widget’.

Untuk mengkustomisasi sidebar, klik pada menu ‘Appearance’ dan pilihlah ‘Widget’. Anda akan menuju ke sebuah halaman di mana terdapat banyak pilihan widget yang bisa ditampilkan pada blog.

Kolom ‘Available Widgets’ berisi widget-widget yang bisa dimasukkan ke dalam sidebar. Sedangkan kolom yang berada di sebelah kanan adalah daftar widget yang kini telah tertampil di blog.
Bila telah selesai mengatur sidebar widgets di halaman ini, klik pada tombol ‘Visit Site’ untuk melihat perubahan tampilan apa yang telah terjadi pada blog Anda.
2.5       Pembuatan dan Publikasi Tulisan
Tulisan pada blog di sebut juga post , entry atau postingan merupakan hal paling utama dalam kegiatan blogging .

2.5.1   Membuat Tulisan
Untuk bisa mempublikasikan sebuah tulisan maka anda harus masuk kehalaman ‘Add New Post’, kemudian kliklah pada tulisan ‘Add New’ untuk masuk kehalaman ‘Add New Post’.
2.6      Pembuatan dan Publikasi Tulisan

Editor utama yang di gunakan di wordpress merupakan editor WYSIWYG (what you see is what you get) maksudnya tampilan teks yang akan muncul nanti sama persisi setelah di publikaiskan nanti.
a.   Melakukan Formatting Dasar
formatting dasar adalah pengaturan format secara umum pada tulisan yang anda buat, seperti mebuat tulisan menjadi tebal , miring bergaris bawah atau di coret.formatting dasar juga termasuk kepada perataan teks ,seperti rata kiri ,tengah ,kanan, ataupun rata kedua tepi .
cara menerapkan formatting pada tulisan yang anda buat di editor sangatlah sederhana ,sama persis seperti apa yang biasa anda lakukan di program MS.word atau openOffice . Contoh untuk mempertebal teks , maka anda menekan tombol Bdan teks pun akan menjadi tebal. Sekarang anda sudah mampu untuk menerapkan formatting dasar pada editor Wordpress .
b.   Membuat Daftar
Editor Wordpress menyedikan fasilitas untuk membuat daftar . ada dua macam daftar ,yaitu daftar berurutan dan tidak berurutan. Daftar berurutan adalah daftar yang menggunakan angka (1,2,3 dst). Daftar ini juga bisa di buat dengan menekan tombol ‘orderred list’ ( ). Sedangklan daftar yang tidak berurutan adalah daftar yang menggunakan symbol lingkaran hitam .daftar ini bisa di buat dengan menekan tombol ‘Unordered list’ ( ) Bila selesai tekanlah tombol enter 2 kali sehingga keluar dari formatting daftar dan kembali ke formatting paragraph.

Posisi daftar yang telah dibuat pun bisa di atur kembali caranya dengan meletakkan kursor pada daftar yang ingin di atur ,kemudian tekan tombol ‘ indent/outdent’ untuk memajukan posisi daftar ,tekanlah tombol ‘indent’. Sedangkan untuk mengundurkan posisi daftar tekan tombol ‘outdent’.
c.   Memasukkan Gambar
Blog pada layanan Wordpress mendukung pemuatan obyek berupa gambar, baik itu gambar berformat JPG, BMP, gambar transparan berformat PNG , maupun gambar bergerak GIF.
Untuk memasukannya , klik tombol ‘add an image’, kemudian klik tombol “Browser…’’ pilih file gambar yang ingin anda masukan, lalu klik ‘Upload’.

Setelah semua kolom yang ada pada gambar 1.28. terisi, maka klik tombol ‘Insert Into Post’.
Gambar 1.29. Tampilan gambar yang sudah dimasukkan dalam tulisan.
d.   Membuat Hyperlink
Hyperlink (pranala/tautan) adalah teks /gambar/ objek yang bisa di klik guna mengantarkan pengunjung blog kehalamanlain atau kesitus web lain, kursor akan berubah seperti gambar tangan saat berada di atas Hyperlink ini. Hyperlink bisa di gunakan untuk menambah referensi kepada pengunjung blog .
Gambar 1.30. Tampilan pembuatan hyperlink pada wordpress
Untuk membuatnya , blok teks yang akan dijadikan hyperlink, kemudian klik tombol’ insert/edit link’ .maka akan muncul pop-up insert/ edit link yang di gunakan untuk mengatur alamat web yang akan di buka ketika hyperlink tersebut di klik.


Pada kolom ‘link URL’ ,memasukkanlah alamat situs web yang akan di tuju ketika hyperlink tersebut di klik. Bila ingin menghapus hyperlink yang sudah dibuat, letakkan kursor pada teks yang sudah di beri hyperlink , dan klik tombol ‘unlink’.
e.   Menerapkan Formatting kutipan
Formatting ini digunakan agar posisi teks kutipan berbeda dengan posisi teks biasa, sehingga pengunjung akan mudah membedakan mana teks mana yang tulisan dan mana teks yang merupakan sebuah kutipan.Untuk membuat formatting kutipan, letakkan kursor pada teks kutipan, kemudian klik tombol ‘blockquote’ (“) bila ingin membatalkannya ,letakkan kursor pada teks kutipan dan klik kembali tombol tersebut.
f.    Membuat ‘Read More’
Untuk membuat read more pada tulisan yang Anda buat, tempatkanlah kursor di mana Anda ingin meletakan read more tersebut , setelah itu klik tombol ‘Insert More Tag’. Akan muncul garis yang memisahkan antara teks di atasnya dan di bawahnya . itu artinya saat di publikasikan nanti ,tulisan yang akan muncul pada halaman utama blog hanyalah tulisan yang berada di atas garis , bila ingin membaca seluruhnya pengunjung harus mengklik pada hyperlink yang tersedia.

Secara default ,teks yang akan menjadi hyperlink untuk membaca tulisan lengkap di halamn utama blog adalah teks bahasa inggris yang berbunyi “Read More>>”. Anda juga bisa mengubahnya menjadi teks lain “baca Selengkapnya >>’’ .
g.   Melakukan Copy-Paste untuk membuat Tulisan
Editor Wordpress meyediakan 2 tombol yang berguna untuk keperluan copy-paste, yaitu “paste as plain text’ ( ) dan ‘Paste from Word’ ( ).
Paste as Plain Text bearti memasukkan tulisan yang telah dicopy sebagai sebuah ‘plain text’.plain text adalah teks murni yang tidak memilki formatting apapun. Jadi bila anda mengcopykan teks tebal, teks miring, teks bergaris bawah atau teks yang memilki formatting apapun dari word melalui fungsi paste as plain text, maka teks yang akan masuk ke dalam editor adalah teks murni tanpa formatting yang sebelumnya berlaku di word.
Paste from word adalah kebalikan dari paste as plain text.bila menggunakan fungsi ini ,semua formatting yang sebelumnya berlaku di word akan ikut semua .untuk mengcopy paste ,klik pada tombol fungsi paste yang anda gunakan , baik paste as plain text maupun paste from word. Akan muncul sebuah pop-up. Kemudian tekan CTRL + V dan tuilsan pun akan masuk di Pop Up tersebut.khusus pada fungsi paste as plain text , berilah tanda ceklis pada pilihan ‘keep Linebreaks’ agar tulisan yang di masukan tetap memiliki jarak antara baris (line break).
h.   Memasukkan Simbol
Klik tombol ‘insert Custom Character’ pilihlah symbol yang ingin di masukkan.

i.     Mode HTML
Wordpress menyediakan HTML yang diperuntukan bagi mereka yang sudah memahami bahsa pempograman web HTML dan ingin mengaplikasikannya langsung dengan tulisan yang dibuat.
Gambar 1. 33. Tamplan contoh penggunaan mode HTML dan hasilnya
Untuk mempelajari HTML tidaklah sulit, karena HTML merupakan bahasa pemprograman web paling dasar dan paling sederhana .pengguna yang ingin mempelajarinya bisa mendapatkan referensi terlengkap dan gratis di alamt web http://www.w3schools.com.
2.5.2   Mempublikasikan Tulisan
Di sub bab ini kita akan mencoba untuk mempublikasikan tulisan tersebut sehingga bisa di baca oleh siapa pun yang terhubung dengan internet.
a.   Menentukan Kategori Tulisan
Guna kerapian struktur post di dalam blog , sebaiknya anda mengellompokkan tulisan yang anda buat ke dalam katagori tertentu sesuai dengan tema dari tulisan tersebut . melaluin pengkategoriesan ini ,pengunjung blog bisa melihat dan mengklik daftar kategori yang di simpan pada sidebar,sehingga mereka disuguhi daftar semua tulisan yang termasuk ke dalam kategori tersebut.

Pemilihan kategori tulisan bisa di lakukan melalui kotak kategori yang tersimpan di bagian kanan bawah pada jendela browser. Berikan ceklis pada kategori yang sesuai dengan tema tulisan anda, bila kategori tersebut blm ada, anda bisa membautnya melalui kolom ‘Add New Category’ dibagian bawahnya. Jumlah kategori yang bisa di baut tidaklah terbatas. Pengelolahan kategori tulisan bisSa di lakukan melalui halaman khusus. Pada dashboard, arahkan kursor mouse ke menu ‘posts’ dan pilih ‘categories’.
b.   Memberikan Tag pada Tulisan
Tag berguna untuk memudahkan mesin pencari seperti google dan yahoo! untuk menemukan tulisan anda .untuk memberikan tag pada tulisan ,gunakan kotak ‘tags’ yang terdapat di atas kotak ‘catagories’. Masukkan beberapa kata kunci sekaligus dengan menyisipkan koma (,) di antara kata kunci, kemudian tekanlah tombol ‘Add’. Anda juga bisa memilih kata kunci yang sudah pernah di masukan sebelumnnya dengan mengklik tulisan ‘choose from the most popular tags’ .
c.   Mempublikasikan Tulisan

Langsung klik tombol ‘Publish’ bila Anda merasa tulisan yang anda buat sempurna dan bisa langsung di publikasikan. Sedangkan bila ingin meninjau terlebih dahulu klik terlebih dahulu pada tombol ‘Preview’.
Pada kolom ‘Visibility’, tandai kolom ‘public untuk membuat tulisan ini bisa dibaca oleh umum. Selanjutnya bila ingin tulisan tersebut di lindungi oleh password sehingga orang tertentu saja yang bisa membacanya,bero tanda pada kolom ‘password protected’. Beri tanda pada kolom ‘private’ bila hanya ingin tulisan tersebut hanya bisa di baca oleh diri Anda sendiri saja.
2.5.3   Mengelola Tulisan
Setelah berhasil mempublikasikan tulisan, Anda bisa melakukan pengelolaan terhadap tulisan tersebut. Pengelolaan yang dimaksud adalah melakukan pengeditan, menyembunyikan, atau menghapus tulisan tersebut dari blog,.untuk melakukannya dari dashboard pilihlah menu ‘Posts’ dan klik edit . Setelahnya anda akan masuk kemenu “edit posts’ yang berisi semua tulisan yang pernah anda buat pada editor, baik itu tulisan yang sudah di publikasi mapun belum.
2.6      Pembuatan dan Publikasi Halaman
Sebuah halaman juga sama seperti tulisan, ia dapat diedit , dikomentari dan di hapus. Perbedaan hanya di letaknnya saja. Bila tulisan (post) di muat di halaman utama blog dan di susun berdasarkan tanggal publikasinya , maka daftar halaman akan di tampilkan pada menu navigasi dan urutannya bisa di sesuaikan dengan keinginan pengguna.

Demi kerapian tampilan layout blog, buatlah jumlah halaman sesuai dengan ukuran menu navigai pada tema yang anda gunakan.
2.6.1   Membuat Halaman
         Pada dasarnya, cara pembuatan halaman (page) maupun tulisan pada blog berbasis Wordpress adalah sama seperti cara pembuatan tulisan (post). Keduanya sama-sama menggunakan editor seperti yang telah yang telah di bahas pada bab sebelumnya.
         Untuk membuat halaman, arahkan kursor mouse pada menu ‘pages’ di dashboard, dan pilihlah ‘edit’. Anda akan di alihkan ke halaman ‘Add New Page’, dimana pada halaman tersebut terdapat editor yang sama dengan editor pada halaman pembuatan tulisan. Gunakan editor tersebut untuk mengisi halaman anda ,seperti profil tentang diri ,daftar isi tulisan, galeri foto, informasi untuk mengontak Anda, atau informasi tentang hal-hal lainnya.
2.6.2   Mengelola Halaman
Anda bisa melakukan pengelolaan yang sama terhadap halaman, seperti pengelolahan yang anda lakukan terhadap tulisan. Dari Dashboard, pilih menu ‘Pages’ dan klik ‘edit’. Arahkan kursor mouse pada salah satu judul halaman dan akan muncul 4 pilihan, yaitu ‘edit’,’Quick edit’,’delete’, dan View. Mengklik pilihan edit akan membawa anda kembali ketampilan editor untuk mengedit isi halaman tersebut. Pilihan ‘Quick edit’ akan memunculkan editor mini yang hanya bisa digunakan untuk mengganti judul halaman, tanggal publikasi halaman, urutan halaman serta beberapa pengaturan kecil lainnya. Pilihan ‘delete’ berfungsi untuk menghapus halaman. Dan terakhir pilihan ‘View’ berfungsi untuk membuka versi terpublikasi dari halaman tersebut
2.7      Pengelola Komentar
Bagian komentar merupakan salah satu aspek paling menarik dari kegiatan blogging.di bagian inilah pemilik blog bisa menerima feedback/umpan balik dari pengunjung blognya..
2.7.1   Mengaktifkan Kolom Komentar
Untuk membuat tulisan atau halaman anda harus mengaktifkan komentar ini dari menu editor, di bagian paling bawah menu editor, baik pada editor post maupun page ,terdapat kotak ‘Discussion’ yang berguna untuk mengaktifkan fasilitas tersebut.berilah tanda ceklis pada kedua kolom yang tersedia sehingga bagian bawah setiap yang terpublikais nanti pengunjung akan menemukan form yang bisa di gunakan oleh dirinya untuk mengirimkan komentar.
Pada setiap kolom komentar, pengunjung harus menuliskan nama, email, isi komentar serta alamat situs webnya. Setelah pengunjung mengklik tombol ‘SUBMIT COMMENT’, maka komentar tersebut akan terkirim, dan sesuai pengaturan pemilik blog, komentar akan langsung tampil pada kolom daftar komentar.
2.7.2   Melakukan Pengaturan pada Pemuatan Komentar
         Terdapat dua Opsi yang berlaku  bagi komentar yang di kirimkan oleh pengunjung blog. Opsi tersebut adalah komentar langsung tertampil pada daftar komentar, atau komentar di tampung terlebih dahulu untuk di moderasi oleh pemilik blog.
Salah satu opsi tersebut bisa diaktifkan langsung tergantung pada keinginan pemilik blog, cara mengaktifkan, dari dashboard pilihlah menu’settings’ dan klik ‘Discussion’. Kemudian kosongkan tanda ceklis pada kedua pilihan di bagian ‘before a comment appears’. Opsi kedua adalah menampung semua komentar terlebih dahulu sebelum komentar-komentar itu di tampilkan. Cara untuk mengaktifkannya sama dengan cara untuk mengaktfikan opsi seebelumnya.
2.7.3   Mengelola Komputer
Setiap komentar yang masuk ke dalam blog, akan bisa dilihat pada menu ‘Comments’ di dashboard. Angka jumlah komentar yang perlu di moderasi, akan muncul di samping judul menu tersebut. Untuk melihat dan mengelola komentar tersebut,kliklah menu ‘Comments’ dan Anda akan dibawa menuju ke halaman ‘edit comments’
            Untuk melakukan pengelolaan, arahkan kursor ke atas salah satu kolom komentar, maka akan muncul beberapa pilihan. Pilihan’Approve’ berfungsi untuk menyetujui komentar yang di kirimkan, sehingga komentar tersebut akan dapat di tampilkan di halaman blog. Pilhan ‘Disapprove’ berfungsi untuk membatalkan persetujuan Anda terhadap komentar yang sudah tampil, hal ini mengakibatkan komentar menghilang dari tampilan blog. Anda bisa menampilkannya kembali mengklik ‘approve’. Pilhan ‘spam’ berfungsi untuk menyatakan bahwa komentar yang bersangkutan adalah spam.


BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis web merupakan pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi internet. Pembelajaran ini dapat berlangsung jika didukung dengan daya koneksi internet yang baik. Selain itu, pembelajaran inni memiliki keunggulan atau keutamaan. Diantaranya yaitu, mahasiswa/ pelajar dapat mendapat informasi yang lebih luas, lebih giat belajar dan hemat biaya operasional selama pendidikan. Namun, ada pula kelemahan pembelajaran berbasis web ini, yaitu kurangnya interaksi antara pendidik dengan pelajar.
3.2 Saran
Sebagai manusia yang mempunyai kelebihan dan kekurangan kami menyadari bahwa makalah yang kami susun ini memiliki banyak kekurangan, dengan ini kami menyarankan kepada para pembaca memperbanyak membaca dari sumber-sumber yang lain tentang pembelajaran berbasis web.


DAFTAR PUSTAKA
http://kurtek.upi.edu/tik/content/web.pdf, diakses pada tangggal 21 Februari 2014, pukul 14.27 WIB.
         LaQuey, Tracy. (1997). Sahabat Internet Pedoman Bagi Pemula Untuk Memasuki Jaringan Global. Bandung: ITB Bandung, halaman 1.
      Perpustakaan Nasional. (2008). Langkah Mudah Mengembangkan dan Memanfaatkan Weblog. Yogyakarta: CV. Andi dan Wahana Komputer.
      Rusman. (2009). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, halaman 115-181.






1 komentar: